Jumat, 12 Juni 2009

Perang Browser




"Internet Explorer 8 baru saja diluncurkan. Bagaimana browser lain seperti Opera, Firefox Google Chrome, dan Safari meresponnya? Lantas siapakah yang terbaik?
"

Tak bisa disangkal bahwa saat ini nama browser yang paling dikenal didunia khususnya Indonesia adalah Internet Explorer atau yang bisa disingkat IE. Meskipun lambat laun para pengguna yang sudah mulai melek teknologi menyadari bahwa masih banyak browser lain selain IE yang tak kalah hebatnya. Diantara yang paling banyak dikenal adalah Mozilla Firefox dan Opera, dan baru-baru ini muncul browser lain dari Google yang diberi nama Google Chrome.
Microsoft baru-baru ini meluncurkan browser penerus IE versi 7 sebelumnya yaitu IE 8. tentu didalamnya sudah terjadi banyak penyempurnaan disana-sini terutama bidang security (keamanan) dimana nama IE sudah tergerus dengan image yang cukup buruk yang lubang keamanannya masih sangat mudah ditembus para hacker. Fitur baru yang dibawa IE tentunya fitur keamanan. Selain itu pengembangan RSS (ReallyS imple Syndication), CSS (Cascading Style Sheets), dan Ajax (AsynchronousJavaScript dan XML) juga menjadi focus utama dari fitur yang dihadirkan dalam IE versi 8 tersebut. Hal ini dilakukan untuk memenuhi aturan yang diterapkan dalam web standards sehingga IE 8
mampu melewati tes Acid2 yang menjadi standard tingkat kompatibelitas suatu browser terhadap website-website. Dan untuk diketahui Acid2 test ini tidak mampu dilewati oleh IE 7 terdahulu.
Pada IE 8 juga dilakukan pengembangan terhadap JavaScript untuk meningkatkan performa yang dimiliki, namun memang masih belum mampu melewati Acid3 test dengan cukup baik. Fitur terbaru lainnya yang terdapat pada IE 8, diantaranya Accelator, WebSlices, Favorites Bar baru, dan fitur keamanan seperti InPrivate Privacy dan SmartScreen phising filter.
Sengaja pada “cover story” kali ini penulis tidak akan mengupas masing-masing fitur yang dipunyai oleh masing-masing browser dan bagaimana cara pengujiannya, dan tentunya browser-browser ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing yang tidak sama antara satu browser dengan browser yang lain. Mungkin anda lebih suka menggunakan browser yang ini ketimbang yang itu atau lebih memilih memakai banyak browser untuk keperluan yang berbeda.

Sumber : majalah PCMedia

0 komentar:

Posting Komentar

tolong kritik & sarannya
harap berkomentar dengan kata-kata yang pantas
trim's

Bookmark and Share

Modified by Blogger Tutorial

Blogger Communities ©Template Nice Blue. Modified by Indian Monsters. Original created by http://ourblogtemplates.com Blogger Styles

TOP