Minggu, 06 Februari 2011

Jadilah Orang yang "BAHAGIA"

Kebahagiaan adalah sebuah kata yang sangat diidam-idamkan oleh setiap manusia normal untuk hadir dalam kehidupannya. Tak seorangpun dari kita yang tak ingin untuk merasakan apa yang disebut dengan “kebahagian” itu. Namun permasalahannya sekarang adalah bagaimana cara kita dalam mewujudkan kebahagiaan yang kita idam-idamkan itu untuk bisa hadir dalam kehidupan kita. Kita selalu ingin kebahagian itu mampir dalam setiap langkah pejalanan hidup kita. Namun di sisi lain, kita sering melakukan penundaan terhadap kebahagiaan itu untuk hadir dalam kehidupan kita. Kita sadari atau tidak, tapi penundaan itulah yang sering kita lakukan.Betapa tidak, coba kita ingat-ingat lagi masa lalu kita. Kita tentu pernah berkata, atau paling tidak terlintas dalam pikiran kita beberapa ungkapan seperti ini, “mungkin aku akan bahagia jika aku sudah lulus sekolah, aku akan terbebas dari semua tugas dan paksaan untuk buat tugas. Setelah lulus sekolah kita melanjutkan ke perguruan tinggi dan ternyata kebahaiaan itu tak juga kunjung datang, kita masih juga dibebani dengan pikiran kita sendiri. Kemudian kita berkata lagi mungkin saya akan bahagia jika sudah tamat kuliah nanti munkin saya akan bahagia ketika saya banyak uang, mungkin saya akan lebih bahagia setelah saya tidak sendiri lagi, dan ungkapan lain yang senada dengan itu”. Ungkapan seperti itu secara tidak langsung telah manyebabkan kita melakukan penundaan kebahagiaan. Karena pikiran kita telah dipengaruhi oleh pemahaman bahwa kebahagiaan itu bersyarat.

Setelah tamat kuliah tentu kita ingin dan akan bekerja. Pada saat kita telah memasuki masa kerja ini, jika kita masih tetap tidak bisa menikmati kehidupan kita kala itu, maka jangan berharap kebahagiaan itu akan menghampiri kita. Itu salah satu cara kita menunda kebahgiaan tanpa kita sadari. Karena kebahagiaan itu akan terasa jika kita benar-benar mampu menikmati dan mensyukuri kehidupan kita pada saat ini, bukan menunggunya hadir pada hari esok.

Jangan terlalu cemas dengan masa depan kerena itu akan menyebabkan kita menjadi terbebani, dan hal itu merupakan bagian dari cara kita menunda kebahagiaan. Hiduplah pada hari ini, nikmati hidup anda. Janagn terlalu risau denagn hari esok. Libatkan diri Anda sepenuhnya dengan kehidupan hari ini. Jangan beranggapan bahwa kebahagian itu akan kita rasakan setelah kita mencapai apa yang kita tuju. Sesungguhnya kebahagiaan itu ada pada sepanjang proses dalam mencapai apa yang ingin kita tuju itu. Tentu dengan syarat bahwa kita benar-benar menikmati proses itu dan total terlibat di dalamnya.

Sekali lagi, jangan menunda kebahagiaan dan jangan pernah mencari kebahagiaan. Karena kebahagiaan itu sejatinya ada dalam diri kita sendiri. Ketika kita bisa menjalani setiap pilihan hidup yang kita pilih serta mampu mensyukurinya dengan sepenuh hati, maka kebahagian itu akan datang dengan sendirinya. Kita tidak usah repot-repot mencarinya.

Maka, STOP MENGELUH DAN BERSYUKURLAH,….
Niscaya KEBAHAGIAAN itu akan menghampiri hidupmu.

0 komentar:

Posting Komentar

tolong kritik & sarannya
harap berkomentar dengan kata-kata yang pantas
trim's

Bookmark and Share

Modified by Blogger Tutorial

Blogger Communities ©Template Nice Blue. Modified by Indian Monsters. Original created by http://ourblogtemplates.com Blogger Styles

TOP